Pengaruh Perkembangan Teknologi Nirkabel 4G terhadap pemikiran kognitif masyarakat dalam komunikasi.

Tidak dapat dipungkiri, sejak pertama kali teknologi komunikasi digital mobile 1 Generation (1G) diperkenalkan pada tahun 1981 oleh Nordic Mobile Telephone hingga generasi terakhir 4G yang telah di standarisasi oleh IMT Advanced pada tahun 2012, telah terjadi lompatan perubahan dalam bagaimana kita berkomunikasi dalam kehidupan sehari – hari.

Dalam hubungannya dengan teori komunikasi Social Learning & Cognitive, lahirnya teknologi nirkabel, 2G, melahirkan sebuah generasi baru dengan pemahaman  bahasa komunikasi yang baru pula. Yang sering kali tidak dapat dimengerti oleh generasi sebelumnya yang tidak mengadopsi pembelajaran baru tersebut. Beberapa contoh perubahan misalnya kita terbiasa menyingkat kata “untuk” dengan “u/”, “u” atau “utk”, bahkan tidak jarang kita melihat orang menggunakan “4” untuk menggantikan kata “for” atau juga berarti “untuk”.

Masyarakat mulai meninggalkan SMS, kita biasa melihat bagaimana kebiasaan mengirim SMS perlahan – lahan terkikis karena kini masyarakat terbiasa berkomunikasi tanpa batas karakter dengan biaya yang flat. 

Silahkan download dan baca selengkapnya di : http://adf.ly/1I5p9P

untuk karya tulis lainnya bisa kunjungi Academia.edu Eddy Yansen.

 

Share on Google+Share on FacebookShare on LinkedInTweet about this on Twitter
0

Leave Comment

0 Comments

Leave Reply

Do you want to write something?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>